Apa Itu Bitcoin? Inilah Sejarah Singkatnya

Apa itu Bitcoin (BTC)? 

Bitcoin
Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang kripto terdesentralisasi yang awalnya diuraikan dalam whitepaper tahun 2008 oleh seseorang, atau sekelompok orang, yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. Mata uang ini diluncurkan segera setelahnya, pada Januari 2009.

Bitcoin adalah mata uang daring peer-to-peer, artinya semua transaksi terjadi secara langsung di antara peserta jaringan yang setara dan independen, tanpa perlu perantara untuk mengizinkan atau memfasilitasinya. Bitcoin diciptakan, berdasar pada pernyataan Nakamoto sendiri, untuk memungkinkan "pembayaran daring untuk dikirim langsung dari satu pihak ke pihak lain tanpa melalui lembaga keuangan".

Beberapa konsep untuk tipe mata uang elektronik terdesentralisasi yang serupa pernah ada lebih dulu mendahului BTC, tetapi Bitcoin yang mendapat pengakuan sebagai mata uang kripto pertama yang benar-benar digunakan dan survive hingga sekarang.

Siapakah Penemu Asli Bitcoin?

Founder asli Bitcoin dikenal dengan alias, Satoshi Nakamoto. Sampai tahun 2021, identitas asli orang - atau organisasi - di balik nama samaran itu masih belum diketahui.

Pada 31 Oktober 2008, Nakamoto menerbitkan Bitcoin dengan white paper, yang menjelaskan secara rinci bagaimana mata uang daring dari rekanan ke rekanan dapat diterapkan. Mereka mengusulkan untuk menggunakan buku besar transaksi terdesentralisasi yang dikemas dalam kelompok (disebut "blok") dan diamankan oleh algoritme kriptografi- seluruh sistem tersebut nantinya akan dijuluki "blockchain".

Hanya dua bulan kemudian, pada 3 Januari 2009, Nakamoto menambang blok pertama di jaringan Bitcoin, yang dikenal sebagai blok genesis, sehingga meluncurkan mata uang kripto pertama di dunia. Harga Bitcoin adalah $0 saat pertama kali diperkenalkan, dan sebagian besar Bitcoin diperoleh melalui penambangan, yang hanya memerlukan perangkat yang cukup kuat (misalnya PC) dan perangkat lunak penambangan. Transaksi komersial Bitcoin pertama yang diketahui terjadi pada 22 Mei 2010, ketika programmer Laszlo Hanyecz memperdagangkan 10.000 Bitcoin untuk dua pizza. Jika dibandingkan dengan pertengahan September tahun 2021, pizza tersebut akan bernilai $478 juta. Hari tersebut sekarang dikenal dengan "Hari Pizza Bitcoin". Pada bulan Juli 2010, Bitcoin pertama kali mulai diperdagangkan, dengan harga Bitcoin berkisar antara $0,0008 hingga $0,08 pada saat itu.

Namun, meskipun Nakamoto adalah penemu asli Bitcoin, serta penulis implementasi pertamanya, dia menyerahkan kunci peringatan jaringan dan kendali penyimpanan kode kepada Gavin Andresen, yang kemudian menjadi pengembang utama di Bitcoin Foundation. Beberapa tahun terakhir, banyak orang telah berkontribusi untuk meningkatkan perangkat lunak mata uang kripto dengan menambal kerentanan dan menambahkan fitur baru.

Repositori kode sumber Bitcoin di GitHub mencantumkan lebih dari 750 kontributor, dengan beberapa kontributor utama adalah Wladimir J. van der Laan, Marco Falke, Pieter Wuille, Gavin Andresen, Jonas Schnelli, dan lainnya.

Apa yang Membuat Bitcoin Unik? 

Keunikan dari Bitcoin berasal dari fakta bahwa Bitcoin adalah mata uang kripto pertama yang muncul di pasar.

Hal itu telah berhasil menciptakan komunitas global dan melahirkan industri baru dengan jutaan peminat yang menciptakan, berinvestasi, memperdagangkan, dan menggunakan Bitcoin dan token mata uang kripto lainnya di dalam kehidupan sehari-hari mereka. Kemunculan mata uang kripto pertama telah menciptakan landasan konseptual dan teknologi yang kemudian menginspirasi pengembangan ribuan proyek yang bersaing di industri crypto.

Seluruh pasar mata uang kripto yang kini bernilai lebih dari $2 triliun didasarkan pada gagasan yang diwujudkan oleh Bitcoin: uang yang dapat dikirim dan diterima oleh siapa pun, di mana pun di dunia tanpa bergantung pada perantara tepercaya, seperti bank dan perusahaan jasa keuangan.

Berkat sifat pionirnya, BTC tetap berada di puncak pasar yang energik ini setelah lebih dari satu dekade berdiri. Bahkan setelah Bitcoin kehilangan dominasinya yang tak terbantahkan, Bitcoin tetap menjadi mata uang kripto terbesar, dengan kapitalisasi pasar yang melampaui angka $1 triliun pada tahun 2021, setelah harga Bitcoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa di $64,863.10 pada tanggal 14 April 2021. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh  meningkatnya minat institusional terhadap Bitcoin, dan keberadaan platform yang menyediakan contoh penggunaan BTC di mana-mana: dompet, bursa, layanan pembayaran, game online, dan banyak lagi. 

Apa Itu Bitcoin? Inilah Sejarah Singkatnya
Itulah artikel tentang Apa Itu Bitcoin? Inilah Sejarah Singkatnya. Bagikan informasi ini jika artikel ini bermanfaat. Terimakasih sudah membaca Apa Itu Bitcoin? Inilah Sejarah Singkatnya. Salam sukses !!😊
Attention: Before you decide to do something after reading this article, make sure you read the Disclaimers of this blog first.

Post a Comment

Share pendapat mu setelah baca artikel diatas,
Yuk komen di bawah...

Previous Next

نÙ…وذج اÙ„اتصاÙ„

Form Reservasi Whatsapp
Data Penerima
Data Anda
Pengiriman & Pembayaran
KIRIM