Emas Gram Kecil atau Besar? Perhatikan 5 Hal Ini

Investasi Emas Batangan

Berinvestasi dalam bentuk emas batangan tetap menjadi sarana investasi yang populer bagi banyak orang. Keunggulan emas sebagai pelindung nilai terhadap inflasi dan keunggulan emas sebagai safe haven menjadi faktor utama di balik pilihan emas. Safe haven berarti emas tidak terkait atau berkorelasi negatif dengan kelas aset lain selama masa ketidakpastian pasar.

{getToc} $title={Table of Contents}

Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Berinvestasi Emas

Berinvestasi dalam emas juga cukup mudah. Karena Kamu hanya perlu menyimpan emas dalam waktu yang lama untuk mendapatkan keuntungan.

Namun, ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat berinvestasi emas, seperti berapa banyak gramasi emas yang cocok untuk investasi. Hal ini karena emas batangan yang tersedia saat ini bervariasi dalam ukuran mulai dari 0,25 gram hingga 1000 gram.


Emas gram besar atau kecil

Untuk itu, kita akan membandingkan dan merinci investasi emas, dalam gram besar dan kecil.

Perhitungan Harga

Emas dilengkapi dengan sertifikat keaslian. Biaya sertifikat ini akan ditagihkan kepada pembeli emas. Saat membeli emas batangan dari Toko Emas, harga yang dikenakan sudah termasuk biaya sertifikat.

Secara umum, semakin banyak gram emas batangan, semakin mahal sertifikatnya. Namun, jika biaya pencetakan sertifikat dibagi dengan jumlah gram emas, harga emas gram besar lebih murah, sehingga lebih menguntungkan.

Misalnya untuk memahami penjelasan di atas, harga 1 gram emas batangan adalah Rp 900.000. Biaya sertifikat adalah Rp 60.000. Jadi, harga per gramnya adalah 960.000 rupiah.

Di sisi lain, harga sertifikat emas batangan 5 gram adalah 125.000 rupiah, jadi harga totalnya adalah 4.625.000 rupiah. Tapi kalau dihitung, harga per gramnya hanya Rp 925.000.


Dana Mendesak

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah jika Kamu memiliki kebutuhan dana yang mendesak. Misalkan Kamu membeli emas ukuran 25 gram dengan harga 22 juta rupiah. Tapi tiba-tiba kamu butuh Rp 5 juta. Tentu saja, jika Kamu menjual 25 gram emas, itu akan merugikan. Karena jika kamu ingin emas kamu kembali, harganya sudah lebih tinggi.

Jadi jika investasi emas hanya digunakan sebagai simpanan, ada kebutuhan yang mendesak dan emas gram kecil tentu cocok.

Oleh karena itu, jika seorang pemula ingin berinvestasi emas, penting untuk menetapkan tujuan investasi untuk memastikan Kamu mengetahui berapa banyak emas yang harus dibeli. Investasi emas dianjurkan untuk investasi jangka panjang seperti: dana pendidikan atau pensiun.

 

Mudah Dicairkan

Mengapa emas dalam gram kecil lebih menguntungkan? Investasi dalam bentuk emas batangan pada akhirnya akan dijual kembali untuk mendapatkan uang tunai. Sebenarnya tidak ada perbedaan antara gram emas besar dan kecil dalam hal pencairannya. Seperti disebutkan sebelumnya, gram kecil emas lebih mudah dicairkan pada saat dibutuhkan.


Penyimpanan

Saat membeli emas batangan, penting untuk memastikan penyimpanan yang tepat dan aman. Di rumah, Kamu dapat menyimpannya di brankas berkode aman atau di lembaga keuangan seperti pegadaian dengan biaya penyimpanan.

Tentu saja, jika kamu hanya memiliki lebih sedikit emas, lebih baik menyimpannya di rumah.


Gadai Emas

Gadai Emas berarti menyetorkan emas dan menerima uang tanpa kehilangan kepemilikan emas. Gadai emas dikenakan biaya penitipan berdasarkan jumlah emas yang dijaminkan, bukan jumlah uang yang kamu terima.

Misalnya, jika kamu menggadaikan 10 gram, kamu harus menyetorkan dua keping emas 5 gram dan tetap membayar biaya penitipan sebesar 10 gram.

Jika kamu membutuhkan dana 10 gram dan memiliki 25 gram emas, maka beda lagi, biaya penyimpanan 25 gram atau sebesar biaya titipan emas yang dititipkan.

Namun, tidak semua lembaga keuangan yang menawarkan jasa gadai emas membebankan biaya penyimpanan berdasarkan jumlah emas yang diagunkan. Ada juga, beberapa yang menghitung biaya penitipan berdasarkan dana yang dibutuhkan.

 

Kesimpulan

Sekali lagi, ini tentunya akan disesuaikan dengan tujuan dan kemampuan kamu. Berinvestasi emas juga bisa dilakukan melalui platform digital, sehingga memudahkan bagi pemula yang ingin mencobanya dengan modal minim. Selain itu, sekarang ada beberapa platform investasi emas digital yang memungkinkan penarikan emas fisik dari akumulasi tabungan emas. Misalnya Pegadaian Digital, Treasury, IndoGold dan LakuEmas.{rightSidebar}

Emas Gram Kecil atau Besar? Perhatikan 5 Hal Ini
Itulah artikel tentang Emas Gram Kecil atau Besar? Perhatikan 5 Hal Ini. Bagikan informasi ini ke teman-teman jika merasa artikel ini bermanfaat. Terimakasih sudah membaca Emas Gram Kecil atau Besar? Perhatikan 5 Hal Ini. Salam sukses !!
Attention: Before you decide to do something after reading this article, make sure you read the Disclaimers of this blog first.

Post a Comment

Previous Next

نموذج الاتصال

Form Reservasi Whatsapp
Data Penerima
Data Anda
Pengiriman & Pembayaran
KIRIM