Plus Minus Investasi Emas, Keuntungan dan Kerugiannya

Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas

Investasi terbaik 2022-, Peluang investasi emas adalah jenis investasi paling aman dibandingkan dengan pasar modal. Tetapi mungkin dari kita bertanya-tanya, apakah investasi emas benar-benar menguntungkan?. Untuk itu kita akan membahas perbandingan keuntungan dan kerugian dalam berinvestasi emas.

{getToc} $title={Table of Contents}

Plus Minus Investasi Emas


Plus Minus Investasi Emas

Emas merupakan salah satu instrumen investasi paling populer bagi investor dengan profil risiko konservatif. Selain itu, emas dapat menjadi alternatif diversifikasi portofolio. Berinvestasi emas dianggap sebagai investasi paling aman, namun ada juga pro dan kontra berinvestasi emas yang harus kamu waspadai. Apa kelebihan dan kekurangan berinvestasi emas? Simak penjelasan singkat tentang keuntungan dan kerugian berinvestasi emas di bawah ini.

Keuntungan berinvestasi emas

Beberapa keuntungan jika berinvestasi emas antara lain:

1. Likuiditas

Emas mudah dibeli atau dijual kembali karena sifatnya yang diterima secara global. Apalagi dengan emas digital, kamu tidak perlu pergi ke pegadaian, sehingga waktu transaksi emas relatif cepat.

2. Fleksibilitas

Berinvestasi dalam emas tidak hanya mencakup emas fisik, seperti emas batangan dan emas perhiasan, tetapi juga emas digital, yang dapat diinvestasikan dengan sedikit uang. Selain berbagai metode investasi, emas juga dapat digunakan sebagai jaminan untuk digadaikan ketika kebutuhan mendesak.

3. Diversifikasi alternatif

Kondisi pasar saham dan nilai mata uang relatif bertolak belakang terhadap pergerakan emas menjadikan emas sebagai diversifikasi investasi yang menarik. Saat resesi melanda, pasar saham biasanya melemah, tetapi harga emas justru naik karena sifatnya yang safe-haven.

4. Investasi jangka panjang

Harga emas berfluktuasi, tetapi biasanya tidak terlalu ekstrim dan selalu menunjukkan tren naik dalam jangka panjang. Emas kurang cocok untuk investasi jangka pendek, terutama trading, karena spread  (selisih harga) antara harga jual dan harga beli emas cukup jauh.

 

Kerugian berinvestasi emas

Selain keuntungan, ada juga kerugian berinvestasi emas, yaitu:

1. Tidak dapat digunakan sebagai pendapatan pasif

Tidak seperti sarana investasi saham yang membayar dividen atau obligasi yang memperoleh bunga berkala, investasi emas memberikan keuntungan dalam bentuk capital gain atau keuntungan hanya jika harga jual emas lebih tinggi dari harga pembelian.

2. Tidak menarik ketika ekonomi stabil

Dalam kondisi ekonomi yang stabil, harga emas biasanya cenderung melambat karena permintaan emas dan tingkat inflasi yang terjaga. Namun, jika kondisi ekonomi sedang "terpuruk", harga emas bisa meroket.

3. Biaya investasi

Berinvestasi dalam emas fisik dan digital memiliki biaya tambahan yang perlu dipertimbangkan. Tentu saja, emas fisik membutuhkan penyimpanan yang aman agar tidak dicuri atau hilang. Emas digital, di sisi lain, tidak memerlukan penyimpanan, tetapi dikenakan biaya platform dan biaya pencetakan emas jika dicetak.

Kesimpulan

Demikian beberapa keuntungan dan kerugian dalam berinvestasi emas. Ada yang mau menambahkan?{fullWidth}

Plus Minus Investasi Emas, Keuntungan dan Kerugiannya
Itulah artikel tentang Plus Minus Investasi Emas, Keuntungan dan Kerugiannya. Bagikan informasi ini ke teman-teman jika merasa artikel ini bermanfaat. Terimakasih sudah membaca Plus Minus Investasi Emas, Keuntungan dan Kerugiannya. Salam sukses !!
Attention: Before you decide to do something after reading this article, make sure you read the Disclaimers of this blog first.

2 Comments

  1. Emas emang cocoknya buat investasi atau tabungan jangka panjang. Misalnya tabungan buat beli rumah.

    ReplyDelete
  2. Emas masih suka bikin bingung juga kalo mau investasi mending beli Antam atau yang lain.

    ReplyDelete
Previous Next

نموذج الاتصال

Form Reservasi Whatsapp
Data Penerima
Data Anda
Pengiriman & Pembayaran
KIRIM