Penerapan KYC Digital Banking dan Manfaatnya

{getToc} $title={Table of Contents} 

Penerapan KYC Digital Banking dan Manfaatnya -

Know Your Customer (KYC) adalah istilah perbankan atau lembaga keuangan yang mengacu pada proses verifikasi identitas pelanggan ketika bergabung dengan suatu layanan. Standar Lembaga Keuangan mewajibkan penyedia layanan pembayaran digital, bank, atau lembaga keuangan untuk mengharuskan para pelanggan mereka untuk melakukan proses KYC terlebih dahulu sebelum mereka diberikan akses ke layanan apa pun.

KYC dianggap perlu untuk mengurangi aktivitas ilegal seperti pencucian uang, korupsi, atau penyuapan. Hal ini membantu pihak berwenang untuk melacak pelanggan dan mendeteksi orang yang terblacklist sebelumnya, sehingga membantu bisnis menjauhkan penjahat dari sistem mereka.

Penerapan KYC Digital Banking dan Manfaatnya

Mengapa KYC penting?

Penerapan KYC membantu Layanan Keuangan memastikan bahwa aplikasi dan identitas lain yang diberikan oleh pengguna adalah asli. Memverifikasi identitas pelanggan sangat penting untuk mencegah penipuan seperti pencucian uang dan penarikan dana dari rekening bank yang tidak sah.

Jika sebelumnya proses verifikasi dilakukan secara manual yang banyak memakan waktu dan biaya, maka untuk meningkatkan proses verifikasi know-your-customer, industri perbankan telah banyak mengadopsi sistem digital, karena bisa mengurangi biaya dan kesalahan manusia sekaligus meningkatkan keakuratan hanya dalam beberapa menit dengan menggunakan solusi verifikasi berbasis AI.

Proses Verifikasi KYC Digital / E-KYC

Dalam Proses Verifikasi KYC Digital, pengguna tidak perlu mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan dokumen. Pengguna hanya perlu menupload gambar ID/KTP asli mereka, maka secara otomatis mengekstrak data dari dokumen menggunakan teknologi OCR.

Data yang diekstraksi dikirim ke sistem berbasis kecerdasan buatan yang mengumpulkan informasi dan selanjutnya diverifikasi manusia agar lebih meningkatkan akurasi dan memberikan hasil yang benar.

Bagaimana agar KYC diterima?

Agar Status KYC Verified, kita perlu menyiapkan beberapa dokumen. Dokumen yang diperlukan untuk verifikasi berbeda-beda di setiap negara, biasanya beberapa dokumen yang umum bisa diterima di hampir semua negara adalah:

  • Nama Lengkap
  • ID Card / Tanda Pengenal KTP/Paspor/SIM
  • Nomor HP
  • Alamat
  • Tanggal lahir
  • Foto pengguna
  • Tanda Tangan

Setelah semua dokumen diunggah atau dilengkapi, Sistem akan memverifikasi bahwa dokumen yang diunggah adalah asli dan berisi data yang benar.

Kesimpulannya, KYC diperlukan oleh lembaga keuangan dan bank sebagai data untuk mengetahui jejak record pelanggan agar bisa mencegah penipuan dan pencurian uang. Selain itu, KYC ini juga akan meningkatkan keamanan, memastikan keselamatan dan yang paling penting meningkatkan pengalaman pengguna.


Penerapan KYC Digital Banking dan Manfaatnya
Itulah artikel tentang Penerapan KYC Digital Banking dan Manfaatnya. Bagikan informasi ini ke teman-teman jika merasa artikel ini bermanfaat. Terimakasih sudah membaca Penerapan KYC Digital Banking dan Manfaatnya. Salam sukses !!
Attention: Before you decide to do something after reading this article, make sure you read the Disclaimers of this blog first.

Post a Comment

Previous Next

نموذج الاتصال

Form Reservasi Whatsapp
Data Penerima
Data Anda
Pengiriman & Pembayaran
KIRIM